IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING DENGAN METODE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR PERBANKAN SISWA KELAS X AKUNTANSI 3 SMK KOPERASI YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

Wisudawati, Villade Ni Luh (2015) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING DENGAN METODE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR PERBANKAN SISWA KELAS X AKUNTANSI 3 SMK KOPERASI YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Skripsi Full.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Prestasi Belajar Akuntansi pada Kompetensi Dasar Kredit Siswa Kelas X Akuntansi 3 SMK Koperasi Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015 dengan Implementasi Strategi Pembelajaran Active Learning dengan Metode Tutor Sebaya. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru pengampu mata pelajaran Dasar-dasar Perbankan Kelas X Akuntansi 3 SMK Koperasi Yogyakarta. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi 3 yang terdiri dari 21 siswa dimana 5 siswa dipilih menjadi tutor sedangkan 16 siswa menjadi anggota. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dimana pada setiap siklusnya terdiri dari satu kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat rencana tindakan yaitu perencanaan (plan), tindakan (action), pengamatan (observation) dan refleksi (reflection). Indikator keberhasilan tindakan pada penelitian ini adalah apabila terjadi peningkatan nilai rata-rata siswa dari pre test ke post test pada setiap siklusnya dan apabila 75% dari jumlah seluruh siswa diluar tutor memenuhi nilai KKM yang ditentukan oleh pihak sekolah yaitu 75. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Strategi Pembelajaran Active Learning dengan Metode Tutor Sebaya dapat meningkatkan prestasi belajar akuntansi siswa kelas X Akuntansi 3 SMK Koperasi Yogyakarta. Keberhasilan tindakan tersebut dibuktikan pada siklus I nilai rata-ratapre test sebesar 62,54 meningkat menjadi 73,92 pada post test sedangkan siklus II nilai rata-rata pre test sebesar 69,38 meningkat menjadi 84,85 pada post test. Pada siklus I jumlah siswa yang mencapai KKM adalah 3 siswa atau 23,08% pada pre test meningkat menjadi 8 siswa yang tuntas atau 61,54% pada post test sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang mencapai KKM adalah 5 siswa atau 30,77% pada pre test meningkat menjadi 11 siswa atau 84,62% pada post test. Kata kunci : Active Learning, Tutor Sebaya, Prestasi Belajar Akuntansi, Kredit

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Bank dan Perbankan
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:18
Last Modified: 29 Jan 2019 19:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14827

Actions (login required)

View Item View Item