Latifa, Ifa (2011) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI DISTILASI, EVAPORASI DAN EKSTRAKSI UNTUK SISWA SMK KIMIA INDUSTRI. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.
Text
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI.docx Download (13kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan di bidang pendidikan kimia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran kimia ”Distilasi, Evaporasi dan Ekstraksi” berbasis web sebagai sumber belajar untuk siswa SMK dan mengetahui kualitas media pembelajaran kimia berbasis web berdasarkan penilaian lima guru kimia SMK. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model prosedural, yaitu model yang bersifat deskriptif, menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan suatu produk. Produk awal ditinjau dan diberi masukan oleh dosen pembimbing, ahli media, ahli materi, peer reviewer dan selanjutnya direvisi. Produk revisi dinilai dan dan diberi masukan oleh lima guru kimia SMK sebagai reviewer menggunakan instrumen penilaian media pembelajaran kimia berbasis web. Instrumen tersebut berisi 5 aspek penilaian yaitu aspek kebenaran konsep,keluasan dan kedalaman konsep; aspek kebahasaan; aspek tampilan; aspek keterlaksanaan; aspek kemudahan dalam mengakses dan mengoperasikan, serta terdiri atas 23 kriteria penilaian. Hasil penilaian berupa skor kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas media pembelajaran kimia berbasis web. Masukan reviewer digunakan untuk merevisi produk yang sudah dinilai sehingga diperoleh produk akhir. Produk penelitian ini berupa media pembelajaran kimia ”Distilasi, Evaporasi dan Ekstraksi” berbasis web sebagai sumber belajar untuk siswa SMK. Berdasarkan penilaian guru kimia SMK, media pembelajaran berbasis web yang disusun memiliki skor rata-rata 91,4 dari skor maksimal 115 dan memperoleh persentase keidealan 79,5 %. Media pembelajaran berbasis web ini mempunyai kategori kualitas Baik (B), sehingga dapat digunakan sebagai sumber belajar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Admin Kimia FMIPA |
Date Deposited: | 31 Mar 2015 07:24 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 19:57 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14822 |
Actions (login required)
View Item |