PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PENYELENGGARAAN KANTIN KEJUJURAN DI SD NEGERI 3 PURWODADI KECAMATAN TAMBAK KABUPATEN BANYUMAS

Yusti, Esa (2015) PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PENYELENGGARAAN KANTIN KEJUJURAN DI SD NEGERI 3 PURWODADI KECAMATAN TAMBAK KABUPATEN BANYUMAS. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (59kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembentukan karakter peserta didik melalui penyelenggaraan kantin kejujuran di SD Negeri 3 Purwodadi Kecamatan Tambak Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitaif. Subjek penelitian ini adalah siswa SD Negeri 3 Purwodadi Kecamatan Tambak Kabupaten Banyumas. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti dan dibantu dengan panduan observasi dan panduan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu data collection (pengumpulan data), reduksi data, penyajian data dan verifikasi/kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi, yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses pembentukan karakter peserta didik melalui penyelenggaraan kantin kejujuran di SD Negeri 3 Purwodadi sudah diterapkan dengan baik, yaitu dengan cara melatih siswa berbelanja di kantin kejujuran tanpa ada penjualnya. Jadi siswa berperan sebagai pembeli sekaligus penjual tanpa diawasi oleh siapa pun. Di sini, siswa diajari untuk berbuat jujur dalam membayar apa yang telah dibeli, mengambil kembalian (jika ada), kemudian mengambil barang sesuai harga yang dibayarkan. Setiap hari di SD Negeri 3 Purwodadi, guru juga selalu mengingatkan siswa dan menasehati siswa untuk selalu berbuat jujur. Kemudian guru juga selalu memberi contoh yang baik pada siswa terutama terkait dengan kantin kejujuran, serta guru selalu mengkaitkan segala kegiatan dengan makna yang tersirat dalam kantin kejujuran. Kata Kunci: Pembentukan Karakter, Karakter Peserta Didik, Kantin Kejujuran

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Aspek Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 00:34
Last Modified: 29 Jan 2019 19:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14815

Actions (login required)

View Item View Item