HUBUNGAN TINGKAT KECANDUAN NIKOTIN DENGAN KEBUGARAN JASMANI MAHASISWA TEKNIK OTOMOTIF FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Arif Wibowo Tri J., Arif WTJ. (2013) HUBUNGAN TINGKAT KECANDUAN NIKOTIN DENGAN KEBUGARAN JASMANI MAHASISWA TEKNIK OTOMOTIF FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, FIK UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ARIF.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kebiasaan merokok dikalangan mahasiswa cenderung meningkat. Hal ini bisa berdampak buruk, karena dalam rokok terdapat zat yang berbahaya salah satunya yaitu nikotin. Zat ini mampu membuat efek candu bagi pemakainya. Nikotin juga dapat mempercepat penyempitan pembuluh darah sehingga beresiko mengganggu kinerja jantung paru. Sebagian mahasiswa Teknik Universitas Negeri Yogyakarta terlihat mengkonsumsi rokok. Seorang mahasiswa teknik dituntut untuk mempunyai kebugaran yang baik untuk mengikuti perkuliahannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat kecanduan nikotin dengan kebugaran jasmani mahasiswa Teknik Otomotif angkatan 2010 Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Penelitian ini menggunakan penelitian korelasional bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara tingkat kecanduan nikotin dengan kebugaran jasmani. Pengambilan data dengan tes dan pengukuran. Adapun angket untuk mendukung dalam mengetahui tingkat kecanduan nikotinnya. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa fakultas teknik UNY. Penelitian ini menggunakan 16 mahasiswa dari 39 mahasiswa Diploma III (D3) Teknik Otomotif angkatan 2010 sebagai sampel yang diambil dengan metode purposive sampling. Analisa data menggunakan teknik uji korelasi product moment dari pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecanduan nikotin mahasiswa D3 teknik otomotif UNY dalam kategori rendah dengan nilai rerata 2,94. Sedangkan untuk tingkat kebugaran jasmaninya dalam kategori sangat kurang dengan nilai rerata 1623,44 meter. Untuk Hasil uji hipotesis penelitian menunjukkan nilai signifikansi 0,853. Berdasarkan nilai tersebut dapat dibaca bahwa ada hubungan yang signifikan antara tingkat kecanduan nikotin dengan tingkat kebugaran jasmani mahasiswa D3 Teknik Otomotif Angkatan 2010 Universitas Negeri Yogyakarta. Kata kunci: kecanduan nikotin, kebugaran jasmani.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin PKR FIK
Date Deposited: 31 Mar 2015 07:05
Last Modified: 11 Mar 2019 02:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14813

Actions (login required)

View Item View Item