Hubungan Keaktifan Mengikuti Kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah dengan Karakter dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Bidang Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik dan Teknik Pendingin dan Tata Udara SMK Negeri 1 Magelang

Irfan , Yulistianto (2012) Hubungan Keaktifan Mengikuti Kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah dengan Karakter dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Bidang Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik dan Teknik Pendingin dan Tata Udara SMK Negeri 1 Magelang. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
The Correlation Between The Students Involvements in The Student’s Organization Activities with The Student’s Characters and Achievements.pdf

Download (112kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) hubungan antara keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan OSIS dengan karakter siswa Kelas X Bidang Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik dan Teknik Pendingin dan Tata Udara SMK Negeri 1 Magelang, 2) hubungan antara keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan OSIS dengan prestasi belajar siswa Kelas X Bidang Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik dan Teknik Pendingin dan Tata Udara SMK Negeri 1 Magelang. Penelitian ini menggunakan pendekatan expost facto. Populasi dalam penelitian ini sekaligus sebagai sampel, yaitu seluruh siswa kelas X bidang keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik dan keahlian Teknik Pendingin dan Tata Udara SMK Negeri 1 Magelang sebanyak 108 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah keaktifan mengikuti kegiatan OSIS sebagai variabel bebas, karakter siswa dan prestasi belajar siswa sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi dengan bantuan software aplikasi SPSS 17. Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) keaktifan siswa kelas X SMK Negeri 1 Magelang tahun ajaran 2011/2012 dalam mengikuti kegiatan OSIS tergolong rendah, 2) karakter siswa kelas X SMK Negeri 1 Magelang tahun ajaran 2011/2012 tergolong rendah, 3) prestasi belajar siswa kelas X SMK Negeri 1 Magelang tahun ajaran 2011/2012 tergolong cukup tinggi, 4) terdapat hubungan antara keaktifan mengikuti kegiatan OSIS dengan karakter siswa. Diperoleh dari hasil analisis regresi dengan nilai t-hitung sebesar 3,503 diterima pada taraf signifikansi 5% dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,104. Persamaan regresi: Y1 = 47,107 + 0,267 X. Persamaan tersebut menunjukkan bahwa keaktifan dalam kegiatan OSIS mempunyai hubungan yang positif dengan karakter siswa, 5) terdapat hubungan antara keaktifan mengikuti kegiatan OSIS dengan prestasi belajar siswa. Diperoleh dari hasil analisis regresi dengan nilai t-hitung sebesar 1,978 diterima pada taraf signifikansi 5% dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,036. Persamaan regresi: Y2 = 77,330 + 0,041 X. Persamaan tersebut menunjukkan bahwa keaktifan dalam kegiatan OSIS mempunyai hubungan yang positif dengan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2012 00:42
Last Modified: 29 Jan 2019 14:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1480

Actions (login required)

View Item View Item