KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENJAS SMA NEGERI SE-KOTA YOGYAKARTA

Aris, Aris (2013) KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENJAS SMA NEGERI SE-KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam kaitannya dengan guru pendidikan jasmani, peneliti melihat adanya sinyal dan kesan negatif tentang guru pendidikan jasmani seperti: kurang siapnya guru pendidikan jasmani dalam melaksanakan tugas dan jabatannya sebagai guru pendidikan jasmani, kurang kreatif untuk terus meningkatkan kemampuan profesionalitasnya, dalam mengajar tidak membuat rancangan pembelajaran, mengajar praktek tidak mengenakan pakaian olahraga, dll. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Kompetensi Profesional Guru Penjas SMA Negeri se- Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode survei dengan instrumen berupa FPKG (Format Penilaian Kinerja Guru) yang sudah bakukan oleh Direktorat Ketenagaan Dikti dan PMPTK. Subjek penelitian yang digunakan adalah guru Penjas SMA Negeri se-Kota Yogyakarta yang berjumlah 25 orang. Teknik analisis data menggunakan skala likert dengan hasil berupa persentase yang kemudian dimaknai menggunakan rumus P= ƒ/n. Hasil penelitian diketahui kompetensi profesional guru Penjas SMA Negeri se-Kota Yogyakarta diperoleh persentase hasil sebesar 83,4 %, hasil tersebut dikatakan kompetensi profesional guru Penjas SMA Negeri se-Kota Yogyakarta adalah sangat baik. Artinya guru pendidikan jasmani tersebut sebagian besar mempunyai kompetensi yang sangat baik dan mumpuni dalam hal perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, membuka dan menutup pembelajaran, variasi dan stimulus pembelajaran, keterampilan bertanya, dan memberikan penguatan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Other
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 31 Mar 2015 06:50
Last Modified: 29 Jan 2019 19:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14798

Actions (login required)

View Item View Item