MOTIVASI SISWA SDIT MUTIARA INSANI DAN SD NEGERI BROSOT MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER BELA DIRI TAE KWON DO

Panji, Panji (2013) MOTIVASI SISWA SDIT MUTIARA INSANI DAN SD NEGERI BROSOT MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER BELA DIRI TAE KWON DO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
37. Panji Nur Seta(11601247070).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi motivasi siswa kelas atas SDIT Mutiara Insani dan SD Negeri Brosot dalam mengikuti ekstrakurikuler bela diri Tae Kwon Do. Kurangnya perhatian maupun pembinaan, kurang minat siswa, sarana-prasarana yang kurang lengkap menjadi permasalahan dalam penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas atas SDIT Mutiara Insani dan SD Negeri Brosot sebanyak 85 orang, sampel penelitian ini adalah siswa kelas atas SDIT Mutiara Insani dan SD Negeri Brosot yang aktif mengikuti latihan ekstrakurikuler Tae Kwon Do sebanyak 35 orang. Data diperoleh menggunakan angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian disimpulkan motivasi siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Tae Kwon Do di SDIT Mutiara Insani motivasinya tinggi dengan perincian sebagai berikut: 13,3% kategori sangat rendah, 26,7% kategori rendah, 26,7% kategori sedang, 33,3% kategori tinggi dan 0% kategori sangat tinggi. Sedangkan untuk SD N Brosot motivasinya sedang dengan perincian sebagai berikut: 5% kategori sangat rendah, 30% kategori rendah, 40% kategori sedang, 15% kategori tinggi dan 10% kategori sangat tinggi.Dengan motivasi tersebut, motivasi dapat menjadi pendorong yang baik bagi siswa untuk mengembangkan bakat maupun meningkatkan prestasinya. Kata Kunci: Motivasi, Pembinaan, Minat, Sarana Prasarana

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 31 Mar 2015 06:41
Last Modified: 29 Jan 2019 19:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14792

Actions (login required)

View Item View Item