Dendi, Bama Sanjaya (2013) TINGKAT PERSEPTUAL MOTORIK SISWA KELAS BAWAH SD NEGERI 2 CAMPAKOAH KECAMATAN MREBET KABUPATEN PURBALINGGA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
35. Dendi.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Siswa kelas bawah di SD Negeri 2 Campakoah belum diketahui tingkat perseptual motorik anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat perseptual motorik siswa kelas bawah SD Negeri 2 Campakoah Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, metode yang dipakai adalah survei. Instrumen dalam penelitian ini data tes kemampuan motorik dari Hari Amirullah Rachman dengan validitas 0,435 dan reliabilitas sebesar 0,92 yaitu berjalan maju, berjalan mundur, berputar kearah kanan, berputar kearah kiri, berjalan menyamping kekiri dengan menyilangkan kaki kanan melalui kaki kiri, berjalan menyamping kekanan dengan menyilangkan kaki kiri melalui kaki kanan, berjingkat dengan satu kaki (kanan), berjingkat dengan satu kaki (kiri), dan mengulang seluruh gerakan dengan membawa beban seberat 0,5 kg serta semua gerakan dilakukan diatas balok keseimbangan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas bawah SD Negeri 2 Campakoah Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga yang berjumlah 72 siswa. Analisis data dengan statistik deskriptif kuantitatif persentase. Hasil penelitian menunjukkan tingkat perseptual motorik siswa kelas bawah SD Negeri 2 Campakoah yang berada pada kategori sangat rendah berjumlah 11 siswa (15,3%), rendah berjumlah 19 siswa (26,4%), sedang berjumlah 24 siswa (33,3%), tinggi berjumlah 13 siswa (18,1%), dan sangat tinggi berjumlah 5 siswa (6,9%). Kata Kunci: Tingkat, Peseptual Motorik, Kelas bawah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Pendidikan Olahraga FIK |
Date Deposited: | 31 Mar 2015 06:36 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 19:56 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14786 |
Actions (login required)
View Item |