IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN PENGGUNAAN MODUL GUNA MENINGKATAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI 4 SMK NEGERI 1 KLATEN TAHUN AJARAN 2012/2013

Jayanti, Tri (2015) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN PENGGUNAAN MODUL GUNA MENINGKATAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI 4 SMK NEGERI 1 KLATEN TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI JADI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dan penggunaan modul untuk meningkatkan hasil belajar Akuntansi siswa kelas X Akuntansi 4 SMK Negeri 1 Klaten Tahun Ajaran 2012/2013; (2) Untuk meningkatkan hasil belajar Akuntansi siswa kelas X Akuntansi 4 SMK Negeri 1 Klaten Tahun Ajaran 2012/2013 melalui implementasi pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dan penggunaan modul. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi 4 SMK Negeri 1 Klaten tahun 2012/2013 yang berjumlah 41 siswa. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan: (1) Implementasi pembelajaran kooperatif tipe TAI dan penggunaan modul dilaksanakan dengan mengelompokkan siswa kelas X Akuntansi 4 SMK Negeri 1 Klaten yang berjumlah 41 siswa menjadi 8 kelompok dan setiap siswa diberi modul. Setiap kelompok terdiri dari 5 s/d 6 siswa yang memiliki kemampuan heterogen dimana siswa terpandai menjadi ketua kelompok; (2) Implementasi pembelajaran kooperatif tipe TAI dan penggunaan modul mampu meningkatkan hasil belajar siswa, yang dibuktikan dengan hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan dibandingkan dengan siklus I. Pada siklus I jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak 29 siswa (70,73%) dan pada siklus II naik menjadi 38 siswa (92,68%). Kata kunci: Kooperatif Tipe TAI, Modul, Hasil belajar Akuntansi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:18
Last Modified: 29 Jan 2019 19:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14774

Actions (login required)

View Item View Item