TINGKAT KESEGARAN JASMANI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN SEKOLAH DASAR LUAR BIASA NEGERI PURBALINGGA KECAMATAN PURBALINGGA KABUPATEN PURBALINGGA PROPINSI JAWA TENGAH

Anjar, Susiyanto (2013) TINGKAT KESEGARAN JASMANI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN SEKOLAH DASAR LUAR BIASA NEGERI PURBALINGGA KECAMATAN PURBALINGGA KABUPATEN PURBALINGGA PROPINSI JAWA TENGAH. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
29. Anjar.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum diketahuinya tingkat kesegaran jasmani anak tunagrahita ringan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesegaran jasmani anak tunagrahita ringan Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri Purbalingga. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa putra dan putri tunagrahita ringan di Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri Purbalingga yang berjumlah keseluruhan 25 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kesegaran jasmani yang meliputi : Bent Arm Hang Test mengukur kekuatan dan ketahanan otot lengan dan bahu, lari 50 meter mengukur kecepatan, The sit and reach (duduk dan menjangkau) yang diukur fleksibilitas dari punggung bawah dan hamstring, Flamingo balance test mengukur keseimbangan, dan Havard step test mengukur volume paru, kapasitas paru dan denyut jantung. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa hasil tes kesegaran jasmani siswa tunagrahita ringan di Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri Purbalingga, yang masuk kedalam kategori “baik sekali” sebanyak 2 siswa atau sebesar 8,00%, kategori “baik” sebanyak 6 siswa atau sebesar 24,00%, kategori “cukup” sebanyak 4 siswa atau sebesar 16,00%, kategori “kurang” sebanyak 13 siswa atau sebesar 52,00%, dan kategori “kurang sekali” sebanyak 0 siswa atau sebesar 0%. Jadi dapat disimpulkan bahwa tingkat kesegaran jasmani siswa tunagrahita ringan di Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri Purbalingga adalah berkategori “kurang” dengan persentase sebesar 52,00%. Kata kunci : Kesegaran, jasmani, tunagrahita ringan.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > PGSD Pendidikan Jasmani
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 31 Mar 2015 06:20
Last Modified: 01 Apr 2015 01:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14770

Actions (login required)

View Item View Item