UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BANGUN RUANG MENGGUNAKAN MEDIA KONKRET PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KRATON YOGYAKARTA

Wakit, Sulistyanto (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BANGUN RUANG MENGGUNAKAN MEDIA KONKRET PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KRATON YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI WAKIT.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatkan hasil belajar bangun ruang menggunakan media konkret pada siswa kelas IV SD N Kraton Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan model siklus yang berulang dan berkelanjutan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N Kraton Yogyakarta yang berjumlah 26 siswa terdiri dari 14 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar materi bangun ruang sederhana. Instrumen yang digunakan adalah tes yang telah divalidasi oleh ahli, observasi sesuai dengan standar isi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar matematika materi bangun ruang sederhana siswa kelas IV menggunakan media konkret berupa alat peraga bangun ruang. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan nilai siswa materi bangun ruang sebelum dan sesudah diberi tindakan. Peningkatan nilai rata-ratanya yaitu dari prasiklus sebesar 67,90 siklus I sebesar 80,90 dan pada siklus II menjadi 86,30 pada rentang skor nilai 0-100. Persentase ketuntasan pada prasiklus mencapai 68%, siklus I mencapai 81% dan pada siklus II mencapai 86%. Dari hasil tersebut dapat dilihat adanya peningkatan nilai rata-rata dari prasiklus ke siklus I meningkat 13,00, dari siklus I ke siklus II meningkat 5,4 dan dari prasiklus ke siklus II 18,40. Hasil akhir diketahui bahwa semua nilai rata-rata siswa dan persentase ketuntasan siswa sudah mencapai KKM, sehingga dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui media konkret dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun ruang sederhana siswa kelas IV SD N Kraton Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Kata Kunci: hasil belajar, materi bangun ruang, media konkret, siswa SD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 00:25
Last Modified: 29 Jan 2019 19:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14765

Actions (login required)

View Item View Item