PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TEKNIK PEMBERITAAN SISWA KELAS V SD N 2 BRANGKAL KABUPATEN KLATEN

Dyah Putri, Utami (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TEKNIK PEMBERITAAN SISWA KELAS V SD N 2 BRANGKAL KABUPATEN KLATEN. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DYAH PUTRI UTAMI NIM09108241009.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan keterampilan berbicara melalui Model Pembelajaran Aktif Teknik Pemberitaan siswa kelas V SD N 2 Brangkal Kabupaten Klaten. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif. Penelitian dilakukan oleh peneliti yang berkolaborasi dengan guru. Peneliti berperan sebagai pengamat dan guru berperan sebagi pelaksana kegiatan pembelajaran. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD N 2 Brangkal kabupaten Klaten tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 36 siswa dengan objek penelitian keterampilan berbicara khususnya memberikan pendapat melalui Model Pembelajaran Aktif Teknik Pemberitaan. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus yang menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, catatan lapangan, dan lembar penilaian keterampilan berbicara. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berbicara siswa meningkat melalui penerapan Model Pembelajaran Aktif Teknik Pemberitaan. Peningkatan tersebut meliputi peningkatan proses dan produk pembelajaran. Peningkatan proses terbukti dari meningkatnya aktivitas siswa, pada saat pra tindakan sebagian besar siswa kurang memperhatikan penjelasan dari guru dan terlihat bercanda dengan temannya. Setelah diadakan tindakan dengan Model Pembelajaran Aktif Teknik Pemberitaan pada siklus I siswa terlihat lebih fokus memperhatikan penjelasan dari guru dan lebih bersemangat mengikuti pembelajaran dan pada siklus II siswa semakin terlihat fokus, termotivasi, dan aktif mengikuti pembelajaran serta siswa lebih lancar dalam berpendapat. Sedangkan, peningkatan produk terlihat dari peningkatan nilai rata-rata siswa sebelum tindakan sebesar 61,02 dengan persentase ketuntasan sebesar 19,44%, pada siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 65,13 dengan persentase ketuntasan sebesar 47,24%, dan nilai rata-rata pada siklus II meningkat menjadi 70,19 dengan persentase ketuntasan sebesar 88,89%. Kata kunci: keterampilan berbicara, model pembelajaran aktif teknik pemberitaan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 00:25
Last Modified: 29 Jan 2019 19:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14764

Actions (login required)

View Item View Item