PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA PENDEK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS V SD N 1 NANGGULAN KULON PROGO

Retnotitisari, - (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA PENDEK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS V SD N 1 NANGGULAN KULON PROGO. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
RETNO TITISARI (09108241075).pdf

Download (49MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak cerita pendek dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas V SD N 1 Nanggulan Kulon Progo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas V SD N 1 Nanggulan sebanyak 32. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah: tes, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini digunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan keterampilan menyimak cerita pendek pada siswa kelas V SD N 1 Nanggulan. Pada tindakan siklus I, siswa terlihat antusias dalam mengikuti pembelajaran menyimak cerita pendek. Hasil observasi terhadap aktivitas siswa menunjukkan bahwa aktivitas siswa termasuk dalam kategori baik dengan persentase 78,57%. Guru telah melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan RPP dan menggunakan media gambar dengan baik. Guru hanya belum memotivasi siswa dan mengkondisikan siswa secara maksimal. Pada tindakan siklus II, siswa lebih antusias dalam mengikuti proses pembelajaran menyimak cerita pendek. Hasil observasi terhadap aktivitas siswa menunjukkan bahwa aktivitas siswa termasuk dalam kategori baik sekali dengan persentase 89,28%. Guru telah melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan RPP dan menggunakan media gambar dengan baik. Guru telah memotivasi siswa dan mengkondisikan siswa secara maksimal. Pada siklus I terjadi peningkatan nilai rata-rata kelas sebesar 9,94, yang kondisi awal 61,5 meningkat menjadi 71,44 dengan ketuntasan siswa mencapai 59,37%. Pada siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rata kelas sebesar 14,75, yang kondisi awal 61,5 meningkat menjadi 76,25 dengan ketuntasan siswa mencapai 90,62%. Kata kunci: keterampilan menyimak, menyimak cerita pendek, media gambar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 00:25
Last Modified: 29 Jan 2019 19:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14761

Actions (login required)

View Item View Item