KEEFEKTIFAN PENDEKATAN INQUIRY BASED LEARNING (IBL) PADA MATA PELAJARAN KIMIA KELAS X SEMESTER 2 SMA NEGERI 1 ANDONG BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009 / 2010

CHARINA, DESRIE (2010) KEEFEKTIFAN PENDEKATAN INQUIRY BASED LEARNING (IBL) PADA MATA PELAJARAN KIMIA KELAS X SEMESTER 2 SMA NEGERI 1 ANDONG BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009 / 2010. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
abstrak Indonesia.rtf

Download (12kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan antara prestasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan IBL dengan peserta didik yang menggunakan pendekatan konsep, jika pengetahuan awal dikendalikan secara statistik serta motivasi belajar kimia antara peserta didik yang mengikuti pendekatan IBL dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan konsep Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen murni. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan peserta didik kelas X semester 2 SMA Negeri 1 Andong, Boyolali dan dibagi kedalam 5 kelas yang berjumlah 194 peserta didik. Sampel terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen (A1) dan kelas kontrol (A2) yang terdiri dari 37 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Pengujian hipotesis menggunakan analisis kovarian (anakova) untuk prestasi belajar kimia peserta didik dan uji t untuk motivasi belajar kimia peserta didik. Hasil uji anakova diperoleh p = 0,000 (p < 0,05), menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan antara prestasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan IBL dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan konsep, jika pengetahuan awal dikendalikan secara statistik. Hasil uji t sama subyek diperoleh p = 0,001 (p<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan antara motivasi belajar kimia peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran dengan pendekatan IBL. Uji t beda subyek diperoleh p = 0,000(p < 0,05) sehingga ada perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan IBL dengan pendekatan konsep. Dengan demikian, pendekatan IBl efektif untuk meningkatkan prestasi belajar dan dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 31 Mar 2015 05:54
Last Modified: 31 Mar 2015 05:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14755

Actions (login required)

View Item View Item