MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DI KELAS V SD NEGERI BHAKTI KARYA DEPOK

Hilda, Arifianti (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DI KELAS V SD NEGERI BHAKTI KARYA DEPOK. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Hilda Arifianti_1010827010.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SD Negeri Bhakti Karya masih tergolong rendah, hal ini disebabkan karena model pembelajaran yang digunakan masih berpusat pada guru (teacher centered), kurangnya memaksimalkan potensi siswa, tanpa memberikan peran aktif siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Bhakti Karya Depok dengan menggunakan model Quantum Teaching. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) tipe kolaboratif. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Bhakti Karya Depok yang berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Data hasil observasi dianalisis secara deskriptif kualitatif dan data hasil tes dianalisis secara deskriptif kuantitatif persentase. Hasil penelitian pratindakan menunjukkan bahwa hasil belajar IPA siswa rendah. Nilai rata-rata kelas baru mencapai 63,87 dan persentase ketuntasannya adalah 40%. Setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan model Quantum Teaching yang memvariasikan berbagai metode pembelajaran pada siklus I, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 69,9 dan persentase ketuntasan meningkat menjadi 70%. Demikian pula setelah dilakukan perbaikan pembelajaran Quantum Teaching yang disertai pemberian dorongan untuk aktif bertanya, umpan balik, penguatan, dan pembagian kelompok yang heterogen pada tindakan siklus II, semakin meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Nilai rata-rata kelasnya meningkat menjadi 75 dan persentase ketuntasan meningkat menjadi 93,33%. Kata kunci: hasil belajar IPA, model Quantum Teaching

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 07:36
Last Modified: 29 Jan 2019 19:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14749

Actions (login required)

View Item View Item