MANAJEMEN PROGRAM OUTBOUND PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) DI KELOMPOK BERMAIN (KB) AISYIYAH DESA KEDUNG RINGIN KABUPATEN WONOGIRI PROVINSI JAWA TENGAH

Kartika, Wulan Tumanggal (2015) MANAJEMEN PROGRAM OUTBOUND PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) DI KELOMPOK BERMAIN (KB) AISYIYAH DESA KEDUNG RINGIN KABUPATEN WONOGIRI PROVINSI JAWA TENGAH. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) Manajemen Program Outbound PAUD di KB Aisyiyah Wonogiri; (2) faktor pendukung dan penghambat manajemen program outbound PAUD di KB Aisyiyah Wonogiri; (3) Upaya dalam mengatasi hambatan dalam manajemen program outbound di PAUD KB Aisyiyah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekan ex post facto. Subyek penelitian Pengelola, Pendidik, dan orang tua peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, dislpay data, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan sumber. Hasil penelitian menunjukan: (1) Manajemen program outbound PAUD di KB Aisyiyah Wonogiri menerapkan fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Perencanaan program outbound dilaksanakan dengan membuat perencanaan pembelajaran, perencanaan jenis permainan, dan perencanaan pembiayaan. Manajemen pengorganisasian program outbound di KB Aisyiyah dilakukan dengan pembagian kerja oleh kepala sekolah kepada para Pendidik. Manajemen pelaksanaan pada program outbound sering tidak tepat waktu pada saat memulai pelaksanaan kegiatan di lapangan. Manajemen Pengawasan program outbound di KB Aisyiyah dilakukan briefing dan pembuatan laporan kegiatan, segala hal yang menjadi permasalahan dan upaya penanganan kepada kepala sekolah. (2) Faktor pendukung meliputi antusias yang tinggi peserta didik dalam mengikuti outbound, kerjasama yang baik dengan orangtua, dan lokasi outbound yang mudah dijangkau. Faktor penghambat manajemen program outbound di KB Aisyiyah meliputi adalah pendidik kesulitan dalam mengkondisikan anak, dana yang terbatas dan KB Aisyiyah tidak mempunyai kendaraan. (3) Upaya mengatasi hambatan yang dilakukan KB Aisyiyah KB Aisyiyah menjalin kerjasama dengan orangtua wali murid untuk turut mengantarkan anak mengikuti outbound, mengawasi, mengkondisikan anak. Jika materi pembelajaran memerlukan wahana khusus dan harus diselenggarakan di lokasi berbayar, maka pihak KB Aisyiyah menarik iuran dari orang tua siswa. APE untuk outbound menuntut kreativitas kepala sekolah dan pendidik untuk menciptakan permainan dari alat dan bahan yang mudah di dapat dan tidak banyak menghabiskan dana. Kata kunci : manajemen, program outbound, PAUD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Karya Ilmiah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 31 Mar 2015 08:23
Last Modified: 29 Jan 2019 19:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14742

Actions (login required)

View Item View Item