PENINGKATAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) SISWA KELAS V SD NEGERI CANGKRINGAN 2 KABUPATEN SLEMAN

Novita Dwi, Kurniasari (2013) PENINGKATAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) SISWA KELAS V SD NEGERI CANGKRINGAN 2 KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NOVI.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Cangkringan 2 Kabupaten Sleman menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini siswa kelas V SD Negeri Cangkringan 2 tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 15 siswa, yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, soal tes, dan kamera. Teknik analisis data yaitu deskriptif kuantitatif. Indikator penelitian ini adalah minimal 75% dari seluruh siswa yang mengikuti pembelajaran memiliki partisipasi belajar dengan skor perolehan ≥ 17 dan telah mencapai taraf kriteria ketuntasan minimal yang ditentukan yaitu nilai ≥ 63. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Cangkringan 2 Kabupaten Sleman. Peningkatan partisipasi belajar IPS dapat ditunjukkan melalui tiap indikator penyajian materi, kegiatan belajar kelompok, kuis dan penghargaan kelompok. Pada siklus I siswa yang memiliki partisipasi belajar IPS tinggi 5 siswa (33,33%), sedangkan siswa yang memiliki partisipasi rendah 10 siswa (66,67%). Sedangkan siklus II terjadi peningkatan, siswa yang memiliki partisipasi belajar IPS tinggi 14 siswa (93,33%), sedangkan siswa yang memiliki partisipasi rendah 1 siswa (6,67%). Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai yang diperoleh siswa. Pada siklus I nilai rata-rata 64 meningkat menjadi 76,93 pada siklus II. Jumlah siswa yang tuntas belajar pada siklus I sebanyak 7 siswa atau sebesar 46,67%, pada siklus II meningkat menjadi 12 siswa atau sebesar 80%. Kata kunci : partisipasi, hasil belajar, pembelajaran kooperatif tipe STAD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 07:35
Last Modified: 29 Jan 2019 19:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14741

Actions (login required)

View Item View Item