PENGARUH EMPATHY TRAINING TERHADAP KECERDASAN SOSIAL SISWA KELAS X SMA N 1 DEPOK YOGYAKARTA TAHUN 2013/2014

Tri Astuti Yuliandari, Tri (2014) PENGARUH EMPATHY TRAINING TERHADAP KECERDASAN SOSIAL SISWA KELAS X SMA N 1 DEPOK YOGYAKARTA TAHUN 2013/2014. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_Tri Astuti Yuliandari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian empathy training terhadap kecerdasan sosial siswa kelas X SMA N 1 Depok Yogyakarta. Empathy training sebagai variabel independent merupakan metode untuk memahami, merasakan, dan menunjukkan empati yang tertanam dalam diri individu dengan menggunakna teknik psyco-education, role play, pemberian tugas, dan videotaping. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis quasi-eksperimental dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian berjumlah 183 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan ketentuan sampel penelitian memiliki skor rendah pada skala kecerdasan sosial (X<166) dan diperoleh 14 siswa yang terbagi dalam kelompok eksperimen kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan berupa skala kecerdasan sosial dan pedoman observasi yang telah melalui uji validasi dari expert judgement dan dinyatakan valid. Reliabilitas skala kecerdasan sosial diuji menggunakan Alpha Cronbach dan diperoleh koefesien 0,876 menunjukan tingkat reliabilitas yang tinggi. Analisis hipotesis menggunakan uji MANOVA melalui program SPSS ver 16.00. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh pemberian empathy training terhadap tingkat kecerdasan sosial siswa yang dilihat dari koefesien W sebesar 0,447 dan mendekati 0. Pengaruh pemberian treatmen tersebut bersifat positif yang ditunjukkan dari peningkatan rata-rata (mean) skor pada kelompok eksperimen dari 1,807 menjadi 2,087. Kata kunci: empathy training, kecerdasan sosial

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 07:29
Last Modified: 29 Jan 2019 19:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14732

Actions (login required)

View Item View Item