EFEKTIVITAS PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DI SD N 1 WONOSOBO, SD N 5 WONOSOBO, DAN SD N 6 WONOSOBO

Tri, Widodo (2015) EFEKTIVITAS PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DI SD N 1 WONOSOBO, SD N 5 WONOSOBO, DAN SD N 6 WONOSOBO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Tri Widodo_07101241030.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui frekuensi efektivitas peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi dan tindak lanjut supervisi akademik di SD N 1 Wonosobo, SD N 5 Wonosobo, dan SD N 6 Wonosobo. Subjek penelitian ini adalah guru pengajar yang terdapat di SD N 1 Wonosobo, SD N 5 Wonosobo, dan SD N 6 Wonosobo. Objek penelitian ini berupa efektivitas peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi tindak lanjut program supervisi akademik. Setting penelitian ini mengambil tempat di tiga SD negeri yang berada di wilayah Kecamatan Wonosobo yaitu SD N 1 Wonosobo, SD N 5 Wonosobo, dan SD N 6 Wonosobo. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data dengan menggunakan angket yang dibagikan kepada subjek untuk diisi sesuai petunjuk pengisian. Adapun metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala di SD N 1 Wonosobo, SD N 5 Wonosobo, dan SD N 6 Wonosobo dalam aspek perencanaan termasuk dalam kriteria efektif ditunjukkan dengan perolehan sebesar 78,85%. Pada aspek pelaksanaan supervisi akademik termasuk dalam kategori efektif yaitu ditunjukkan dengan memperoleh hasil sebesar 80,76%. Sedangkan pada aspek evaluasi dan tindak lanjut supervisi akademik diperoleh termasuk dalam kategori cukup efektif yaitu ditunjukkan dengan memperoleh hasil sebesar 71,28%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kepala sekolah di SD N 1 Wonosobo, SD N 5 Wonosobo, dan SD N 6 Wonosobo sudah dapat melaksanakan tugas sebagai supervisor pendidikan khususnya bidang supervisi akademik dengan efektif dalam perencanaan dan pelaksanaan. Tetapi dalam aspek evaluasi dan tindaklanjut program supervisi akademik kepala sekolah harus lebih ditingkatkan agar tingkat pencapaian dapat lebih efektif seperti yang diharapkan. Kata kunci : efektivitas, peran kepala sekolah, supervisi akademik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 01 Jul 2015 01:19
Last Modified: 29 Jan 2019 19:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14731

Actions (login required)

View Item View Item