EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 1 SEYEGAN TAHUN AJARAN 2010 / 2011

Wardani, Gatut Ari (2011) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 1 SEYEGAN TAHUN AJARAN 2010 / 2011. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF.docx

Download (13kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan aktivitas belajar kimia antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran tidak dengan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS, dan (2) perbedaan prestasi belajar antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran tidak dengan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS, jika pengetahuan awal kimia peserta didik dikendalikan secara statistik. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI semester 2 SMA N 1 Seyegan tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 109 peserta didik dan terbagi dalam 3 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Sampel berjumlah 72 peserta didik yang dibagi dalam 2 kelas yaitu satu kelas sebagai kelas eksperimen (A1) dan satu kelas sebagai kelas kontrol (A2). Pengujian hipotesis menggunakan uji-t dan analisis kovarian satu jalur (anakova A). Berdasarkan hasil analisis data dan uji hipotesis diperoleh bahwa: (1) ada perbedaan yang signifikan (p = 0,015) pada aktivitas belajar kimia antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran tidak dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS, dan (2) ada perbedaan yang signifikan (p = 0,000) pada prestasi belajar kimia antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran tidak dengan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS, jika pengetahuan awal kimia peserta didik dikendalikan secara statistik. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe TSTS efektif dalam meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar kimia peserta didik kelas eksperimen.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 31 Mar 2015 04:19
Last Modified: 29 Jan 2019 19:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14722

Actions (login required)

View Item View Item