PENINGKATAN KETERAMPILAN KEPEMIMPINAN MELALUI LEADERSHIP GAMES PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 2 DEPOK TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Muflichah Estiana, Muflichah (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN KEPEMIMPINAN MELALUI LEADERSHIP GAMES PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 2 DEPOK TAHUN PELAJARAN 2013/2014. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
A.2 (soft copy skripsi pdf).pdf
Restricted to Registered users only

Download (31MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kepemimpinan siswa kelas VIIC SMP Muhammadiyah 2 Depok Tahun Pelajaran 2013/2014 melalui leadership games. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VIIC SMP Muhammadiyah 2 Depok yang berjumah 24 siswa. Penelitian dilakukan dalam 1 siklus yang terdiri dari 5 tindakan yaitu: permainan trust me, misi rahasia, balik karpet, terjerat tali dan kapal livina. Metode pengumpulan data dengan menggunakan skala keterampilan kepemimpinan, observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Reliabilitas skala keterampilan kepemimpinan sebesar 0,823. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan kepemimpinan dapat ditingkatkan melalui leadership games. Hal ini dapat dilihat dari hasil perbandingan antara hasil pre test dan post test mengalami peningkatan dari 68,51 meningkat menjadi 75,11. Dari hasil tersebut, penelitian dicukupkan karena kriteria keberhasilan yang ditargetkan yaitu 75% sudah terlampaui dan 19 dari 24 siswa termasuk dalam kategori tinggi. Interpretasi hasil observasi dan wawancara menunjukkan baik secara kognitif, afektif, maupun psikomotor, siswa telah mampu memunculkan sifat kepemimpinan Kata kunci: keterampilan kepemimpinan, leadership games.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 06:51
Last Modified: 29 Jan 2019 19:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14720

Actions (login required)

View Item View Item