PERBEDAAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANTARA SISWA YANG MENGIKUTI DAN TIDAK MENGIKUTI ORGANISASI KESISWAAN DI SMP NEGERI 4 KALASAN TAHUN AJARAN 2013/2014

Fitri Ayu Lestari, Fitri (2014) PERBEDAAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANTARA SISWA YANG MENGIKUTI DAN TIDAK MENGIKUTI ORGANISASI KESISWAAN DI SMP NEGERI 4 KALASAN TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan interaksi sosial antara siswa yang mengikuti dan tidak mengikuti organisasi kesiswaan di SMP Negeri 4 Kalasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode komparasi. Sampel diambil menggunakan teknik cluster random sampling sebanyak 127 siswa terdiri dari 2 kelas VII dan 2 kelas VIII. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah angket interaksi sosial. Dalam penelitian ini rumus yang digunakan untuk mencari validitas alat ukur adalah dengan Corrected Item-Total Corelation. Reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,929. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji beda Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan interaksi sosial antara siswa yang mengikuti dan tidak mengikuti organisasi kesiswaan dengan perolehan skor signifikansi t sebesar 0,000 dengan p < 0,05. Hasil tersebut dapat diartikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan interaksi sosial antara siswa yang mengikuti organisasi kesiswaan dengan siswa yang tidak mengikuti organisasi kesiswaan. Maka hipotesis dari penelitian ini teruji dengan Ha diterima dan H0 ditolak. Siswa yang mengikuti organisasi kesiswaan termasuk dalam kategori tinggi dalam kemampuan interaksi sosial, sedangkan siswa yang tidak mengikuti organisasi kesiswaan termasuk dalam kategori cukup. Hasil ini dapat diperkuat dengan melihat nilai mean pada mahasiswa yang mengikuti organisasi sebesar 114.10 dan siswa yang tidak mengikuti organisasi sebesar 51.10. Kata kunci: organisasi kesiswaan, interaksi sosial

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 05:00
Last Modified: 29 Jan 2019 19:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14707

Actions (login required)

View Item View Item