KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA SEMBADA FITNESS di KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA

Nicko Febriansyah S., Nicko FS. (2012) KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA SEMBADA FITNESS di KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, FIK UNY.

[img]
Preview
Text
Nicko Febriansyah Saputro_08603141046.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kualitas jasa pelayanan merupakan aktivitas atau tindakan yang ditawarkan oleh satu pihak kepada pihak lain, yang pada dasarnya tidak berwujud fisik dan menghasilkan kepemilikan suatu produk. Perubahan yang semakin cepat dan semakin kompetitif, serta kemajuan teknologi yang sangat pesat, mengubah cara berpikir seseorang dalam memberikan penilaian terhadap suatu produk, karena kepuasan adalah perasaan senang atau kecewa yang berasal dari perbandingan antara kesannya terhadap kinerja atau hasil suatu produk dan harapan-harapannya. Berdasarkan observasi yang dilakukan penulis bahwa data anggota di Sembada Fitness Kabupaten Sleman Yogyakarta tiap bulannya mengalami penurunan. Keadaan tersebut kemungkinan disebabkan oleh salah satu faktor, yaitu kualitas pelayanan yang diberikan oleh Sembada Fitness Kabupaten Sleman Yogyakarta kepada anggota kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan terhadap kepuasan anggota Sembada Fitness di Kabupaten Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survei menggunakan angket sebagai instrumen penelitian. Validitas instrumen dalam penelitian ini adalah 0,846 dan reliabilitas sebesar 0,930. Subjek dalam penelitian ini adalah anggota Sembada Fitness di Kabupaten Sleman Yogyakarta yang berjumlah 75 orang. Untuk menganalisis data digunakan statistik deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian kepuasan anggota Sembada Fitness di Kabupaten Sleman Yogyakarta, sebagian besar berada pada kategori kurang memuaskan dengan persentase 45,3 %, kemudian diikuti kategori memuaskan dengan persentase 44 %, kategori sangat memuaskan dengan persentase 6,7 %, dan kategori tidak memuaskan sebesar 4,0 %. Kata kunci: kualitas pelayanan, tingkat kepuasan anggota, sembada fitness

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin PKR FIK
Date Deposited: 31 Mar 2015 03:35
Last Modified: 11 Mar 2019 02:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14705

Actions (login required)

View Item View Item