HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KECEMASAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014

Ayu Lea Lailatussa’diyah, Ayu (2014) HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KECEMASAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dengan kecemasan komunikasi interpersonal pada siswa kelas VII di SMP Negeri 15 Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis korelasional. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP N 15 Yogyakarta, sejumlah 177 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini ialah dengan menggunakan teknik random sampling. Alat pengumpulan data menggunakan skala kepercayaan diri dan skala kecemasan komunikasi interpersonal. Uji validitas instrumen menggunakan product moment dari Pearson, sedangkan reliabilitas menggunakan Alpha cronbach dengan nilai koefisien 0,929 pada kepercayaan diri dan 0,920 pada kecemasan komunikasi interpersonal. Analisis data untuk menguji hipotesis dengan menggunakan teknik korelasi product moment dari Pearson. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara kepercayaan diri dengan kecemasan komunikasi interpersonal pada siswa kelas VII di SMP Negeri 15 Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi (rxy) sebesar -0,636 dan p = 0,000 (p < 0,05) yang berarti hipotesis alternatif (Ha) diterima. Koefisien korelasi bertanda negatif (-) memiliki arti bahwa hubungan antara kedua variabel tidak searah, tidak searah artinya jika kepercayaan diri siswa tinggi, maka semakin rendah kecemasan komunikasi interpersonalnya, sebaliknya, jika kepercayaan diri siswa rendah, maka semakin tinggi kecemasan komunikasi interpersonalnya. Sumbangan efektif kepercayaan diri terhadap kecemasan komunikasi interpersonal pada siswa kelas VII di SMP Negeri 15 Yogyakarta sebesar 40,4%, sedangkan sumbangan sebesar 59,6% berasal dari faktor lain. Kata kunci : kepercayaan diri, kecemasan komunikasi interpersonal

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 05:00
Last Modified: 29 Jan 2019 19:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14704

Actions (login required)

View Item View Item