PENINGKATAN PEMAHAMAN BENTUK GEOMETRI MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA PADA ANAK KELOMPOK B TK KKLKMD KUWON BAMBANGLIPURO BANTUL

Zunita, Andriani (2013) PENINGKATAN PEMAHAMAN BENTUK GEOMETRI MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA PADA ANAK KELOMPOK B TK KKLKMD KUWON BAMBANGLIPURO BANTUL. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
Zunita Andriani_09111244042.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman bentuk geometri melalui pembelajaran berbasis multimedia pada anak Kelompok B TK KKLKMD Kuwon Bambanglipuro Bantul. Pemahaman bentuk geometri pada penelitian ini difokuskan pada kemampuan menunjuk dan mencari sebanyak-banyaknya benda yang mempunyai bentuk menurut ciri-ciri tertentu serta kemampuan mengelompokkan benda-benda 3 dimensi (benda-benda sebenarnya) yang berbentuk geometri 3 variasi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan secara kolaborasi. Subjek penelitian ini adalah 10 anak yang terdiri dari empat perempuan dan enam laki-laki. Objek pada penelitian ini adalah pemahaman konsep geometri melalui pembelajaran berbasis multimedia. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman bentuk geometri meningkat melalui pembelajaran berbasis multimedia. Hal ini dapat diketahui dari adanya peningkatan rata-rata pemahaman bentuk geometri anak pada prasiklus, Siklus I, dan Siklus II. Berikut uraian hasil peningkatan rata-rata pemahaman bentuk geometri anak Kelompok B yaitu hasil prasiklus sebesar 25% (2 anak), hasil siklus I sebesar 55% (5 anak), dan hasil Siklus II sebesar 80% (8 anak) telah memenuhi target indikator keberhasilan sebesar 80%. Pembelajaran berbasis multimedia dilakukan dengan cara menayangkan CD pembelajaran bentuk geometri yang berisi materi tentang menunjuk dan mencari benda, serta mengelompokkan benda tiga dimensi (benda sebenarnya yang berbentuk geometri) dilanjutkan kegiatan diskusi, kemudian dilanjutkan dengan games yang dapat dimainkan anak secara bergantian. Kata Kunci: pemahaman bentuk geometri, pembelajaran berbasis multimedia, anak kelompok B.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 04:59
Last Modified: 29 Jan 2019 19:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14703

Actions (login required)

View Item View Item