MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN MENCIPTA DARI BENTUK GEOMETRI PADA KELOMPOK B TK MUSLIMAT NU TAMANAGUNG I MUNTILAN

Sri Yuli, Ristanti (2013) MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN MENCIPTA DARI BENTUK GEOMETRI PADA KELOMPOK B TK MUSLIMAT NU TAMANAGUNG I MUNTILAN. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
Sri Yuli Ristanti(11111247031).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kreativitas anak Kelompok B di TK Muslimat NU Tamanagung I Muntilan melalui kegiatan bermain mencipta dari bentuk geometri. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan pada bulan Juni 2013. Penelitian ini mengunakan dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari empat kali pertemuan. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru. Subjek yang diteliti adalah 20 anak Kelompok B TK Muslimat NU Tamanagung I Muntilan yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Objek yang diteliti adalah kreativitas anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila kreativitas anak Kelompok B mencapai 76%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas anak mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada kondisi awal kreativitas anak Kelompok B sebesar 25%, akhir Siklus I sebesar 65% dengan menggunakan bahan kertas asturo, dan akhir Siklus II sebesar 80% dengan menggunakan bahan spon. Penelitian dihentikan sampai Siklus II karena sudah memenuhi kriteria indikator keberhasilan yaitu 76%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kreativitas anak Kelompok B TK Muslimat NU Tamanagung I Muntilan mengalami peningkatan melalui kegiatan bermain mencipta dari bentuk geometri, yang dilakukan dengan cara memberi kebebasan kepada anak untuk melakukan kegiatan bermain mencipta dari bentuk geometri sejenis atau dari satu bentuk geometri, mencipta dari bentuk geometri yang bervariasi atau dari perpaduan beberapa bentuk geometri, dan mencipta dari bentuk perpaduan geometri sejenis dan bervariasi pada Tahun Ajaran 2012/2013. Kata kunci : kreativitas, mencipta dari bentuk geometri, anak Kelompok B

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 04:59
Last Modified: 29 Jan 2019 19:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14700

Actions (login required)

View Item View Item