STATUS KEBUGARAN JASMANI SESUAI USIA KRONOLOGIS DAN USIA MENTAL SERTA STATUS GIZI PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA MAMPU DIDIK DI SEKOLAH LUAR BIASA C WIYATA DHARMA 2 TEMPEL, SLEMAN

Mufiyadi, Mufi (2013) STATUS KEBUGARAN JASMANI SESUAI USIA KRONOLOGIS DAN USIA MENTAL SERTA STATUS GIZI PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA MAMPU DIDIK DI SEKOLAH LUAR BIASA C WIYATA DHARMA 2 TEMPEL, SLEMAN. S1 thesis, FIK UNY.

[img]
Preview
Text
STATUS KEBUGARAN JASMANI SESUAI USIA KRONOLOGIS DAN USIA MENTAL SERTA STATUS GIZI PESERTA DIDIK T.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui status kebugaran jasmani sesuai usia kronologis dan usia mental serta status gizi peserta didik tunagrahita mampu didik di Sekolah Luar Biasa C Wiyata Dharma 2 Tempel, Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 74 peserta didik tunagrahita di SLB C Wiyata Dharma 2 Tempel, Sleman. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 20 peserta didik tunagrahita mampu didik di SLB C Wiyata Dharma 2 Tempel, Sleman. Teknik pengambila sampel dilakukan dengan purposive sampling. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode survai dengan teknik tes dan pengukuran. Instrumen yang digunakan adalah Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI) dari Depdiknas tahun 1999/2000, dan Indeks Massa Tubuh menurut Umur yang dikeluarkan oleh Kementrian Kesehatan RI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kebugaran jasmani usia kronologis dan usia mental serta status gizi peserta didik di Sekolah Luar Biasa C Wiyata Dharma 2 Tempel, Sleman, Yogyakarta sebagai berikut: untuk kebugaran jasmani usia kronologis dapat dikatakan kurang bugar dengan kategori kurang sebanyak 7 orang atau 35 %, sedangkan yang memiliki kategori kurang sekali sebanyak 1 orang atau 5 %. Untuk kebugaran jasmani usia mental dapat kebugaranya dapat dikatakan sedang dengan kategori sedang sebanyak 10 orang atau 50 %. Sedangkan untuk status gizi dapat dikatakan gizi normal dengan kategori sebagai berikut: untuk peserta didik yang memiliki status gizi normal sebanyak 14 orang atau 70 %.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Depositing User: Admin PKR FIK
Date Deposited: 31 Mar 2015 03:26
Last Modified: 11 Mar 2019 02:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14697

Actions (login required)

View Item View Item