HUBUNGAN ANTARA PANJANG TUNGKAI, POWER OTOT TUNGKAI, DAN KECEPATAN LARI DENGAN KEMAMPUAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK SISWA PUTRI KELAS X SMA N 1 PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA

HHilda Nur Rachmadiyani, Hilda (2013) HUBUNGAN ANTARA PANJANG TUNGKAI, POWER OTOT TUNGKAI, DAN KECEPATAN LARI DENGAN KEMAMPUAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK SISWA PUTRI KELAS X SMA N 1 PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan hubungan antara panjang tungkai, power otot tungkai dan kecepatan lari dengan kemampuan lompat jauh gaya jongkok siswa putri kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Prambanan Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa putri kelas X SMA N 1 Prambanan, sebanyak 113 siswa. Jumlah sampel diambil secara Quota Sampel dengan sampel sebanyak 88 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan metode survey yaitu test dan pengukuran dengan instrument berupa pengukuran panjang tungkai dari Trochanter mayor sampai telapak kaki untuk panjang tungkai, Standing Board jump untuk power otot tungkai dan lari sprint 60 meter untuk kecepatan lari serta lompat jauh gaya jongkok untuk mengetahui kemampuan lompat jauh gaya jongkok. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi product moment dan regresi melalui uji prasyarat normalitas dan lineritas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Ada hubungan yang signifikan antara variabel panjang tungkai terhadap kemampuan lompat jauh gaya jongkok siswa putri kelas X SMA N 1 Prambanan sebesar 0,835 dengan sumbangan efektif 15,3%. (2) Ada hubungan yang signifikan antara variabel power otot tungkai terhadap kemampuan lompat jauh gaya jongkok siswa putri kelas X SMA N 1 Prambanan sebesar 0,859 dengan sumbangan efektif 43,2%. (3) Ada hubungan yang signifikan antara variabel kecepatan lari terhadap kemampuan lompat jauh gaya jongkok siswa putri kelas X SMA N 1 Prambanan sebesar -0,838 dengan sumbangan efektif 17,5%. (4) Ada hubungan yang signifikan antara variabel panjang tungkai, power otot tungkai, dan kecepatan lari secara bersama-sama terhadap kemampuan lompat jauh gaya jongkok siswa putri kelas X SMA N 1 Prambanan sebesar 0,872 dengan sumbangan efektif 76,1%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Other
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 31 Mar 2015 03:25
Last Modified: 29 Jan 2019 19:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14693

Actions (login required)

View Item View Item