HUBUNGAN ANTARA STATUS GIZI DENGAN TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA PUTRA MAN 2 BANJARNEGARA

Aji Wibowo, Aji W. (2013) HUBUNGAN ANTARA STATUS GIZI DENGAN TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA PUTRA MAN 2 BANJARNEGARA. S1 thesis, FIK UNY.

[img]
Preview
Text
AJI WIBOWO_06603141008.pdf

Download (974kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan status gizi dengan tingkat kebugaran jasmani siswa Putra MAN 2 Banjarnegara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif korelasional dengan menghubungkan antara variabel bebas dengan variabel terikat. Subyek dari penelitian ini adalah siswa putra MAN 2 Banjarnegara, dengan jumlah 84 siswa. Pengambilan data menggunakan tes dan pengukuran. Untuk variabel status gizi, pengukuran menggunakan tes IMT (Indeks Masa Tubuh), dan untuk variabel kebugaran jasmani, dengan instrument berupa TKJI usia 15 - 19 tahun. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi dan korelasi, melalui uji prasyarat normalitas dan linearitas. Hasil penelitian memperoleh koefisien korelasi antara status gizi dengan tingkat kebugaran jasmani sebesar 1,664. Berdasar pengujian hipotesis, diperoleh r hitung sebesar 0,930 lebih kecil dari r sebesar 1,664. Hal ini berarti bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara status gizi dengan tingkat kebugaran jasmani. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara status gizi dengan tingkat kebugaran jasmani siswa Putra MAN 2 Banjarnegara. Kata kunci: Status Gizi, Kebugaran Jasmani

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin PKR FIK
Date Deposited: 31 Mar 2015 03:22
Last Modified: 11 Mar 2019 02:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14692

Actions (login required)

View Item View Item