HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DENGAN EFIKASI DIRI DALAM MEMECAHKAN MASALAH PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014

Wilujeng Nur Pratiwi, Wilujeng (2014) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DENGAN EFIKASI DIRI DALAM MEMECAHKAN MASALAH PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial keluarga dengan efikasi diri dalam memecahkan masalah pada siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simple random sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 172 siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan skala dukungan sosial keluarga dan skala efikasi diri dalam memecahkan masalah. Uji validitas menggunakan product moment dari Pearson menghasilkan koefisien sebesar 0,300-0,744 pada dukungan sosial keluarga dan sebesar 0,326-0,657 pada efikasi diri dalam memecahkan masalah. Uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach menghasilkan 0,964 untuk skala dukungan sosial keluarga dan sebesar 0,884 pada skala efikasi diri dalam memecahkan masalah. Analisis data guna menguji hipotesis menggunakan teknik korelasi product moment dari Pearson. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara dukungan sosial keluarga dengan efikasi diri dalam memecahkan masalah pada siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014. Hal ini ditunjukan dengan hasil analisis korelasi sebesar 0.563 dan p = 0,000. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan hipotesis alternatif penelitian diterima yaitu semakin tinggi dukungan sosial keluarga yang diterima siswa maka semakin tinggi pula efikasi diri dalam memecahkan masalahnya, sebaliknya semakin rendah dukungan sosial keluarga yang diterima siswa maka semakin rendah pula efikasi diri dalam memecahkan masalahnya. Perhitungan kategorisasi interval dukungan sosial keluarga secara umum siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Yogyakarta memiliki dukungan sosial keluarga yang tergolong tinggi. Hasil kategorisasi interval efikasi diri dalam memecahkan masalah siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Yogyakarta secara umum memiliki efikasi diri dalam memecahkan masalah yang tergolong tinggi. Dukungan sosial keluarga memberikan sumbangan efektif sebesar 31,7% mempengaruhi efikasi diri dalam memecahkan masalah. Kata kunci: dukungan sosial keluarga, efikasi diri dalam memecahkan masalah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 04:57
Last Modified: 29 Jan 2019 19:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14688

Actions (login required)

View Item View Item