PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK IBNUL QOYYIM SLEMAN

Ida Yunita, Aci Pertiwi (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK IBNUL QOYYIM SLEMAN. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
Ida Yunita Aci Pertiwi_ NIM 10111247031.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus melalui kegiatan finger painting pada anak usia 5-6 tahun di TK Ibnul Qyyim Sleman. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model siklus Kemmis dan Taggart yang dilakukan secara kolaboratif. Subjek dalam penelitian adalah anak usia 5-6 tahun (kelompok B2) di TK Ibnul Qoyyim Sleman. Objek penelitian ini berupa keterampilan motorik halus. Instrumen pengumpulan data menggunakan observasi, rating scale, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan finger painting dapat meningkatkan keterampilan motorik halus pada anak usia 5-6 tahun di TK Ibnul Qoyyim Sleman. Peningkatan motorik halus ditunjukkan dengan perubahan kondisi awal, aspek kelenturan jari-jemari dan koordinasi mata tangan sebesar 6.66% pada tahap pra tindakan, menjadi 61.66% pada tahap siklus I, dan menjadi 81.67% pada tahap siklus II. Penelitian ini dihentikan karena telah memenuhi kriteria keberhasilan lebih dari 80%. Kata kunci: keterampilan motorik halus, kegiatan finger painting.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 04:57
Last Modified: 29 Jan 2019 19:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14681

Actions (login required)

View Item View Item