PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK MELALUI METODE BERCERITA PADA ANAK KELOMPOK B2 TK ISLAM DARUL MUTTAQIN KECAMATAN PURWOREJO KABUPATEN PURWOREJO

Ellen, Upheksa (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK MELALUI METODE BERCERITA PADA ANAK KELOMPOK B2 TK ISLAM DARUL MUTTAQIN KECAMATAN PURWOREJO KABUPATEN PURWOREJO. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak melalui metode bercerita pada anak Kelompok B2 TK Kanak-kanak Islam Darul Muttaqin Kecamatan Purworejo Kabupaten Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan secara kolaboratif dan partisipatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 37 anak Kelompok B2 TK Islam Darul Muttaqin Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo yang terdiri dari 20 anak laki-laki dan 17 anak perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan panduan observasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menyimak pada anak kelompok B2 TK Islam Darul Muttaqin Kecamatan Purworejo Kabupaten Purworejo dapat ditingkatkan melalui metode bercerita. Langkah-langkah yang efektif dalam meningkatkan keterampilan menyimak anak Kelompok B2 meliputi: (1) kegiatan bercerita lebih difokuskan pada keterlibatan yang interaktif atau peneliti mengajak anak-anak untuk aktif dalam kegiatan bercerita, (2) mengulas setiap judul cerita dengan kata-kata yang jelas dan menarik dengan menekankan pada peran dari tokoh-tokoh cerita dan difokuskan pada sikap dan perilaku anak-anak dalam peningkatan keterampilan menyimaknya, (3) anak yang belum dapat duduk dengan tenang dipindah tempatnya pada kelompok yang lain, dan (4) menyiapkan materi cerita yang lebih menarik, sehingga anak lebih tertarik. Keterampilan menyimak pada anak dari sebelum tindakan ke Siklus I pada indikator mendengarkan penuh perhatian, peningkatannya mencapai 32,43% (12 anak). Indikator menginterpretasikan, peningkatannya mencapai 37,84% (14 anak). Indikator memahami makna kata, peningkatannya mencapai 43,24% (16 anak). Pada akhir tindakan Siklus II, indikator mendengarkan degan penuh perhatian mencapai 29,73% (11 anak). Indikator menginterpretasikan cerita, peningkatannya mencapai 27,03% (10 anak). Indikator memahami makna kata, peningkatannya mencapai 29,73% (11 anak). Kata kunci: keterampilan menyimak, metode bercerita, anak kelompok B2

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 04:56
Last Modified: 29 Jan 2019 19:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14680

Actions (login required)

View Item View Item