UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 4 DEPOK MELALUI METODE DISCOVERY

Christiana, Sunartejowati (2010) UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 4 DEPOK MELALUI METODE DISCOVERY. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Microsoft_Word_-_UPAYA_MENINGKATKAN_KEMANDIRIAN_BELAJAR_MATEMATIKA_SISWA_KELAS_VIII_B_SMP_NEGERI_4_DEPOK_MELALUI_METODE_DISCOVERY.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar matematika siswa kelas VIII B SMP Negeri 4 Depok Sleman melalui metode Discovery dan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran matematika dengan metode discovery. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti dan guru matematika kelas VIII B serta dibantu oleh observer pada setiap pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 4 Depok yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan, dengan alokasi waktu untuk satu kali pertemuan adalah selama 2 x 40 menit. Instrumen dalam penelitian ini adalah pedoman observasi, pedoman wawancara, lembar angket kemandirian belajar, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, pemberian angket kemandirian belajar, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini diperolah kesimpulan bahwa pembelajaran matematika menggunakan metode discovery dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas VIII B SMP N 4 Depok. Peningkatan kemandirian belajar siswa ditandai dengan peningkatan persentase aspek-aspek kemandirian yang diamati pada angket, yaitu motivasi siswa meningkat dari 69,17%, menjadi 76,11%, aspek inisiatif siswa dari 77,64% meningkat menjadi 78,34%, aspek percaya diri siswa dari 71,80% meningkat menjadi 76,67%, aspek disiplin siswa dari 72,62% meningkat menjadi 75,10% dan aspek tanggung jawab siswa dari 59,20% meningkat menjadi 75,52%. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, siswa menjadi lebih aktif di dalam proses pembelajaran, siswa mampu memahami suatu materi melalui kegiatan penemuan mereka sendiri tanpa bergantung pada penjelasan guru, siswa juga lebih berani mengungkapkan pendapat atau idenya.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika
Date Deposited: 03 Jul 2012 07:58
Last Modified: 29 Jan 2019 14:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1466

Actions (login required)

View Item View Item