UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA SNADER GAME DI PLAYGROUP DAN TPA ALAM USWATUN KHASANAH GAMPING SLEMAN YOGYAKARTA

Risah, Arijani (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA SNADER GAME DI PLAYGROUP DAN TPA ALAM USWATUN KHASANAH GAMPING SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
Risah Arijani_NIM 09111244050.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan media snader game di Playgroup dan TPA Alam Uswatun Khasanah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan pada peserta didik Kelompok Bermain (KB) Teratai yang berjumlah 17 anak. Setting penelitian dilaksanakan di Playgroup dan TPA Alam Uswatun Khasanah. Penelitian dilakukan dengan dua siklus tindakan. Rancangan penelitian mengacu pada modifikasi rancangan penelitian yang dilakukan oleh Kemmis dan Mc.Taggart. Pemerolehan data diambil dari lembar observasi/pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media snader game yang dilaksanakan dapat mengembangkan kemampuan membaca permulaan anak. Media permainan snader game yang digunakan dalam permbelajaran merupakan permainan aktif dan terbimbing yang memenuhi unsur-unsur seperti: menyenangkan, aktif, dan aturan permainan yang dipatuhi. Tingkat keberhasila penelitian mencapai hasil yang sangat memuaskan, peningkatan yang signifikan, dimana secara keseluruhan anak dapat memahami materi dengan baik. Hasil penelitian dapat diketahui dari pengamatan perkembangan pada tiap siklus yaitu kondisi pra tindakan sebesar 17,6%, pada siklus I sebesar 41,1% dengan peningkatan 17,6%, dan pada siklus II sebesar 76,5 dengan peningkatan 35,4%, artinya adanya suatu peningkatan yang lebih baik dan hasilnya sangat memuaskan peningkatan yang signifikan terjadi pada siklus II. Dimana secara keseluruhan anak dapat memahami materi dengan baik. Kata kunci : membaca permulaan, media snader game, kelompok bermain

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 04:54
Last Modified: 29 Jan 2019 19:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14659

Actions (login required)

View Item View Item