PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER YANG BERISI KUMPULAN SOAL ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) UNTUK SMP/MTs KELAS VII

Wahyuningsih, Upik (2011) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER YANG BERISI KUMPULAN SOAL ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) UNTUK SMP/MTs KELAS VII. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
ABSTRAK.rtf

Download (47kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran dalam bidang pendidikan kimia. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbantuan komputer yang berisi kumpulan soal Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) tentang ilmu kimia berdasarkan standar isi sebagai media pembelajaran mandiri peserta didik SMP/MTs kelas VII dan mengetahui kualitas media pembelajaran yang telah disusun berdasarkan penilaian guru IPA SMP. Penelitian dilakukan melalui tiga tahap. Pertama, penyusunan media pembelajaran dalam bentuk CD pembelajaran menggunakan program Macromedia Flash MX Professional 2004. Kedua, review dan saran produk CD pembelajaran oleh dosen pembimbing, ahli media, dan peer reviewer. Ketiga, penilaian CD pembelajaran oleh 5 orang guru IPA SMP. Hasil penilaian berupa data kualitatif yang diubah menjadi data kuantitatif, kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas media pembelajaran. Berdasarkan penilaian guru IPA SMP, media pembelajaran tentang kumpulan soal Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) tentang ilmu kimia untuk SMP/MTs mempunyai kualitas sangat baik (SB) dengan skor rata-rata tiap komponen yaitu pada komponen ringkasan materi skor rata-rata 87 dibandingkan rerata skor idealnya sebesar 84, pada komponen soal latihan skor rata-rata 114,4 dibandingkan rerata skor idealnya sebesar 112,0005, pada komponen kunci jawaban, pembahasan dan hasil evaluasi skor rata-rata 85,2 dibandingkan rerata skor idealnya sebesar 84. Oleh karena itu, media pembelajaran ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran mandiri bagi peserta didik SMP/MTs kelas VII.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 31 Mar 2015 02:04
Last Modified: 29 Jan 2019 19:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14655

Actions (login required)

View Item View Item