PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI KEGIATAN BERMAIN PERAN DI TKIT AL-MUHAJIRIN SAWANGAN MAGELANG

Sus, ‘Ainiyah (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI KEGIATAN BERMAIN PERAN DI TKIT AL-MUHAJIRIN SAWANGAN MAGELANG. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Sus ‘Ainiyah.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial anak melalui kegiatan bermain peran pada anak usia 4-5 tahun di TKIT Al-Muhajirin Sawangan Magelang. Keterampilan sosial sangat penting dimiliki setiap orang, oleh karena itu keterampilan sosial perlu ditingkatkan sejak usia dini. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun di kelompok A3 TKIT Al-Muhajirin. Jumlah anak kelompok A3 adalah 24 anak, terdiri dari 14 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Variabel penelitian ini adalah keterampilan sosial anak. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan sosial anak dapat meningkat setelah diberi tindakan. Adapun tindakan yang diberikan adalah kegiatan bermain peran. Tindakan pertama anak diminta bermain peran tentang gunung meletus sedangkan tindakan kedua anak diminta bermain peran tentang banjir lahar dingin. Hasil penelitian pada kondisi awal, jumlah anak yang memiliki keterampilan sosial berkembang sangat baik baru 4 anak atau 17% sehingga masih berada pada kriteria kurang baik. Setelah dilakukan tindakan, keterampilan sosial anak meningkat menjadi 96%. Dengan demikian, keterampilan sosial anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan bermain peran. Kata kunci : keterampilan sosial, bermain peran

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 04:52
Last Modified: 29 Jan 2019 19:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14651

Actions (login required)

View Item View Item