EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN KIMIA KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 1 LENDAH KULON PROGO TAHUN AJARAN 2010/2011

Irtanti, Pena (2011) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN KIMIA KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 1 LENDAH KULON PROGO TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF.docx

Download (13kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian eksperimen ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) terhadap motivasi dan prestasi belajar kimia peserta didik SMA N 1 Lendah Kulon Progo tahun ajaran 2010/2011. Populasi penelitian ini adalah peserta didik SMA N 1 Lendah Kulon Progo kelas X dengan jumlah peserta didik 160 peserta didik. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XA dan XE dengan jumlah 64 peserta didik yang terbagi dalam kelas eksperimen (A1) dan kelas kontrol (A2). Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Data yang diperoleh dari penelitian ini: (a) data pengetahuan awal kimia dan data prestasi belajar kimia dianalisis menggunakan analisis kovarian (anakova), dan (b) data motivasi belajar kimia dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rerata nilai prestasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih baik daripada prestasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT jika pengetahuan awal kimia dikendalikan secara statistik dengan harga F0 = 16,249 (p = 0,000), (2) ada perbedaan yang positif dan signifikan pada motivasi belajar kimia peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan harga t0 = -7,776 (p = 0,000). Hal ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih efektif karena dapat meningkatkan prestasi belajar kimia dan meningkatkan motivasi belajar kimia peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 31 Mar 2015 02:00
Last Modified: 29 Jan 2019 19:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14648

Actions (login required)

View Item View Item