PERBANDINGAN PENERAPAN METODE MIND MAPPING DENGAN METODE NUMBER ONE QUIZ TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

Damayanti, Indah (2011) PERBANDINGAN PENERAPAN METODE MIND MAPPING DENGAN METODE NUMBER ONE QUIZ TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
abstrak.doc

Download (27kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ada tidaknya peningkatan motivasi belajar kimia peserta didik sesudah mengikuti proses pembelajaran dengan metode Mind Mapping dan metode NOQ, (2) ada tidaknya perbedaan motivasi belajar kimia antara peserta didik yang menggunakan metode Mind Mapping dengan peserta didik yang menggunakan metode NOQ sesudah proses pembelajaran, (3) ada tidaknya perbedaan prestasi belajar kimia antara peserta didik yang menggunakan metode Mind Mapping dengan peserta didik yang menggunakan metode NOQ sesudah proses pembelajaran, jika pengetahuan awal kimia peserta didik dikendalikan secara statistik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain dua faktor, dua sampel, satu faktor dengan pengamatan ulang, dan satu faktor dengan satu kovariabel. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X semester II SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 261 peserta didik dan terbagi dalam 9 kelas. Sampel pada penelitian ini sebanyak 55 peserta didik yang diambil secara purposive sampling dan terbagi dalam dua kelas yaitu kelas Mind Mapping dan kelas NOQ. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi untuk memperoleh data pengetahuan awal kimia, metode pemberian angket untuk memperoleh data motivasi belajar kimia dan metode tes untuk memperoleh data prestasi belajar kimia peserta didik. Analisis data penelitian menggunakan uji Anakova dengan satu kovariabel, uji-t sama subjek, dan uji-t beda subjek yang sebelumnya dilakukan uji persyaratan analisis statistik yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada peningkatan yang signifikan pada motivasi belajar kimia peserta didik sesudah mengikuti proses pembelajaran dengan metode Mind Mapping dan metode NOQ, (2) tidak ada perbedaan yang signifikan pada motivasi belajar kimia peserta didik yang menggunakan metode Mind Mapping dengan peserta didik yang menggunakan metode NOQ sesudah pembelajaran, (3) tidak ada perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar kimia peserta didik yang menggunakan metode Mind Mapping dengan peserta didik yang menggunakan metode NOQ sesudah proses pembelajaran, jika pengetahuan awal kimia peserta didik dikendalikan secara statistik. Secara umum, hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran Mind Mapping dan NOQ efektif untuk meningkatkan motivasi belajar kimia peserta didik pada materi pokok Stoikiometri, tetapi tidak ada perbedaan yang signifikan pada motivasi dan prestasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran kimia dengan kedua metode tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 31 Mar 2015 01:54
Last Modified: 29 Jan 2019 19:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14647

Actions (login required)

View Item View Item