PENGARUH LATIHAN SIRKUIT TERHADAP KEBUGARAN JASMANI DAN KETERAMPILAN DRIBBLING PADA ANGGOTA EKSTRAKURIKULER BOLA BASKET SMA NEGERI 3 BANTUL

Mehdi Bazargan, Mehdi B. (2013) PENGARUH LATIHAN SIRKUIT TERHADAP KEBUGARAN JASMANI DAN KETERAMPILAN DRIBBLING PADA ANGGOTA EKSTRAKURIKULER BOLA BASKET SMA NEGERI 3 BANTUL. S1 thesis, FIK UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MEHDI BAZARGAN.pdf

Download (63MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan sirkuit terhadap kebugaran jasmani dan keterampilan dribbling pada anggota ekstrakurikuler bola basket SMA Negeri 3 Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, dengan menggunakan desain One Group Pretest-posttest design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah anggota ekstrakurikuler bola basket SMA Negeri 3 Bantul yang berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah cooper test (lari sejauh 2,4 km) untuk mengukur daya tahan paru jantung dan single test STO untuk mengukur keterampilan dribbling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t, yaitu dengan membandingkan hasil pretest dengan posttest pada kelompok eksperimen. Berdasarkan hasil uji hipotesis pertama, terlihat bahwa nilai rata-rata pre test kebugaran jasmani = 15,46 menit dan nilai rata-rata posttest = 13,65 menit, karena nilai rata-rata pretest lebih besar dari nilai rata-rata posttest maka terjadi peningkatan kebugaran jasmani sebesar = 1,82 atau 11,75 %. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh latihan sirkuit terhadap kebugaran jasmani pada anggota ekstrakurikuler bola basket SMA Negeri 3 Bantul. Hasil uji hipotesis kedua, terlihat bahwa nilai rata-rata pre test keterampilan dribbling = 12,35 detik dan nilai rata-rata posttest = 11,43 detik karena nilai rata-rata pretest lebih kecil dari nilai rata-rata posttest maka terjadi peningkatan keterampilan dribbling sebesar = 0,913 atau 8,10 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh latihan sirkuit terhadap keterampilan dribbling pada anggota ekstrakurikuler bola basket SMA Negeri 3 Bantul. Kata kunci: latihan sirkuit, kebugaran jasmani dan keterampilan dribbling.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Depositing User: Admin PKR FIK
Date Deposited: 31 Mar 2015 01:41
Last Modified: 11 Mar 2019 02:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14636

Actions (login required)

View Item View Item