SURVEI MATERI AJAR GERAK DASAR MELALUI PERMAINAN SEDERHANA DAN NILAI YANG TERANDUNG DIDALAMNYA DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE KECAMATAN SAMIGALUH KULON PROGO

Suvrul, Jamil (2013) SURVEI MATERI AJAR GERAK DASAR MELALUI PERMAINAN SEDERHANA DAN NILAI YANG TERANDUNG DIDALAMNYA DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE KECAMATAN SAMIGALUH KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
26. Suvrul.pdf

Download (29MB) | Preview

Abstract

Belum diketahui materi pembelajaran gerak dasar yang disusun oleh guru penjas Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Samigaluh, mengingat bahwa gerak dasar merupakan unsur pokok gerak dari manusia, materi tentang pengembangan gerak dasar sangat bermanfaat terlebih bagi anak sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui materi gerak dasar kelas bawah Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Samigaluh Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, sedangkan metode yang digunakan adalah studi dokumen. Populasi penelitian ini berjumlah 24 Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Pengasih Kulon Progo, sedangkan sampel yang digunakan adalah seluruh populasi yaitu 24 Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Samigaluh. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan lembar dokumentasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis data diskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru penjas Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Samigaluh mempunyai kesamaan dalam menyusun model aktivitas pengembangan gerak dasar, ini terjadi karena sumber para guru dalam mengembangkan aktifitas gerak dasar sama yaitu standar kompetensi dan kompetensi dasar kurikulum tahun 2006, serta dalam penyusunannya guru penjas dikerjakan secara bersama-sama melalui KKG guru penjas. Hasil analisis materi gerak dasar yang terdapat di dalam RPP menunjukkan guru penjas di Kecamatan Samigaluh dalam mengembangkan model aktivitas keterampilan gerak dasar dikemas dalam bentuk permainan sederhana yang diidentifikasi menjadi dua kategori yaitu permainan individu dan permainan kelompok. Kata kunci: model aktivitas, gerak dasar.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 31 Mar 2015 01:38
Last Modified: 29 Jan 2019 19:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14634

Actions (login required)

View Item View Item