IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR BOLAVOLI SISWA KELAS ATAS SD NEGERI 02 KETANDA KECAMATAN SUMPIUH KABUPATEN BANYUMAS

Ariyanto, Ariyanto (2013) IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR BOLAVOLI SISWA KELAS ATAS SD NEGERI 02 KETANDA KECAMATAN SUMPIUH KABUPATEN BANYUMAS. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
23. Ariyanto(11601247074).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah banyak siswa yang belum bisa bermain bolavoli karena sulit mempelajarinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar identifikasi faktor-faktor yang menjadi kesulitan belajar bolavoli pada siswa kelas atas di SD Negeri 02 Ketanda Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik pengambilan data dan instrumennya menggunakan angket. Peneliti dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas Atas di SD Negeri 02 Ketanda yang berjumlah 28 responden. Penelitian ini adalah penelitian populasi karena seluruh populasi dijadikan sebagai subjek penelitian yaitu siswa kelas Atas di SD Negeri 02 Ketanda. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif kuantitatif dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya persentase faktor intern dalam kategori sangat tidak sulit sebanyak 2 responden (7%), kategori tidak sulit sebanyak 5 responden (18%), kategori cukup sebanyak 10 responden(36%), kategori sulit sebanyak 7 responden (25%), dan kategori sangat sulit sebanyak 4 responden (14%). Sedangkan faktor ekstern kategori sangat tidak sulit sebanyak 0 responden (0%), kategori tidak sulit sebanyak 5 responden (18%), kategori cukup sebanyak 11 responden(39%), kategori sulit sebanyak 9 responden (32%), dan kategori sangat sulit sebanyak 3 responden (11%). Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa faktor intern dan ekstern mempersulit pembelajaran bolavoli. Kata kunci : kesulitan belajar, bolavoli, kelas atas.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 31 Mar 2015 01:27
Last Modified: 29 Jan 2019 19:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14628

Actions (login required)

View Item View Item