PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF ANAK TUNARUNGU DI SLB NEGERI SE KABUPATEN BANTUL

Satrio Nugroho Wicaksoo, Satrio NW. (2013) PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF ANAK TUNARUNGU DI SLB NEGERI SE KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, FIK UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran pendidikan jasmani penting untuk anak tunarungu di SLB Negeri se Kabupaten Bantul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran pendidikan jasmani anak tunarungu di SLB Negeri se Kabupaten Bantul yang dilihat dari tujuan, materi, sikap dan motivasi siswa, kompetensi guru, sarana dan prasarana, dan evaluasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Populasi penelitian adalah seluruh guru pendidikan jasmani adaptif SLB Negeri di Bantul yang berjumlah 13 guru. Penelitian ini merupakan penelitian populasi. Variabel dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran pendidikan jasmani anak tunarungu. Instrumen yang digunakan adalah angket. Uji validitas menggunakan total item corelation dan reliabilitas menggunkan alpha cronbach. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran pendidikan jasmani anak tunarungu di SLB Negeri se Kabupaten Bantul pada kategori “kurang” 3 guru (23.08%), kategori “sedang” 7 guru (53.85%), kategori “baik” 1 guru (7.69%), kategori “baik sekali” 2 guru (15.38%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran pendidikan jasmani anak tunarungu di SLB Negeri se Kabupaten Bantul pada kategori sedang. Kata kunci: pembelajaran, jasmani adaptif, tunarungu

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin PKR FIK
Date Deposited: 31 Mar 2015 01:30
Last Modified: 11 Mar 2019 02:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14625

Actions (login required)

View Item View Item