TINGKAT KEMAMPUAN BERMAIN SEPAKBOLA SISWA PUTRA KELAS V SD NEGERI SE-GUGUS HASSANUDIN KECAMATAN KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2012/2013

Alief, Priya Jati (2013) TINGKAT KEMAMPUAN BERMAIN SEPAKBOLA SISWA PUTRA KELAS V SD NEGERI SE-GUGUS HASSANUDIN KECAMATAN KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
21. Alief.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum diketahuinya tingkat kemampuan bermain sepakbola. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya tingkat kemampuan bermain sepakbola siswa putra kelas V SD Negeri se-gugus Hassanudin Kecamatan Karanganyar. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif, artinya dalam penelitian ini hanya ingin menggambarkan situasi yang saat ini sedang berlangsung, tanpa pengujian hipotesis. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa putra kelas V SD Negeri se-Gugus Hassanudin Kecamatan Karanganyar yang terdiri dari lima SD, berjumlah keseluruhan 35 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes keterampilan sepakbola usia 10-12 tahun dari Daral Fauzi R (2009), yang meliputi enam butir tes keterampilan sepakbola usia 10-12 tahun: dribbling, short passed, trow in, running with the ball, heading the ball dan Shooting at the ball. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Statistik ini bertujuan untuk mengumpulkan data, menyajikan data, dan menentukan nilai. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa kemampuan dasar bermain sepakbola siswa putra kelas V SD Negeri se-Gugus Hassanudin Kecamatan Karanganyar yang memiliki kategori sangat tinggi sebesar 0%; kategori tinggi sebesar 22,86%, kategori sedang sebesar 57,14%, kategori rendah sebesar 20,00%, dan kategori sangat rendah sebesar 0%. Kata kunci : Kemampuan, bermain sepakbola, siswa putra, kelas V.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > PGSD Pendidikan Jasmani
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 31 Mar 2015 01:14
Last Modified: 31 Mar 2015 01:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14618

Actions (login required)

View Item View Item