ANALISIS KEMAMPUAN INVESTIGASI PESERTA DIDIK PADA PRAKTIKUM KIMIA DI SMA NEGERI 2 YOGYAKARTA KELAS XI IPA TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Mahesti, Nurrohmah Dwi (2011) ANALISIS KEMAMPUAN INVESTIGASI PESERTA DIDIK PADA PRAKTIKUM KIMIA DI SMA NEGERI 2 YOGYAKARTA KELAS XI IPA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
abstrak b.indo.docx

Download (29kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) persentase kemampuan investigasi peserta didik kelas XI IPA pada praktikum kimia di SMA Negeri 2 Yogyakarta, (2) kategori kemampuan investigasi masing-masing peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 2 Yogyakarta dalam praktikum kimia, (3) persentase kemampuan investigasi peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 2 Yogyakarta dalam praktikum kimia dalam setiap kategori kemampuan investigasi, dan (4) kategori kemampuan investigasi peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 2 Yogyakarta dalam praktikum kimia dalam setiap kategori kemampuan investigasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan rancangan satu sampel, yaitu menggunakan satu sampel dengan pengamatan satu variabel yaitu kemampuan investigasi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik SMA Negeri 2 Yogyakarta kelas XI IPA Tahun Pelajaran 2010/2011. Sampel penelitian ini 1 kelas dari 5 kelas XI IPA yang ada di SMA Negeri 2 Yogyakarta, dengan jumlah 40 peserta didik dalam 1 kelas secara purposive claster sampling. Secara keseluruhan persentase kemampuan investigasi peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Yogyakarta dalam praktikum kimia adalah 61,59 %. Berdasarkan persentase kemampuan investigasi peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Yogyakarta dalam praktikum kimia dapat dikategorikan dalam kategori baik. Persentase kemampuan investigasi peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Yogyakarta dalam praktikum kimia dalam setiap kategori kemampuan investigasi adalah : (1) Keterampilan berkomunikasi sebesar 64,10 %. (2) Keterampilan observasi sebesar 61,37 %. (3) Keterampilan menganalisis sebesar 64,84 %. (4) Keterampilan proses sains sebesar 55,09 %, sehingga sebagian besar peserta didik menguasai setiap kategori kemampuan investigasi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 31 Mar 2015 01:09
Last Modified: 29 Jan 2019 19:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14613

Actions (login required)

View Item View Item