PENINGKATAN KESEGARAN KARDIORESPIRASI SISWA PUTRA EKSTRAKURIKULER BULUTANGKIS MELALUI BERMAIN LEMPAR SHUTTLECOCK DI SMP NEGERI 3 TULUNG KABUPATEN KLATEN

Restu, Restu Aji Prasetyo (2013) PENINGKATAN KESEGARAN KARDIORESPIRASI SISWA PUTRA EKSTRAKURIKULER BULUTANGKIS MELALUI BERMAIN LEMPAR SHUTTLECOCK DI SMP NEGERI 3 TULUNG KABUPATEN KLATEN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIP1.pdf

Download (33MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan selama 2 minggu diketahui bahwa kesegaran kardiorespirasi siswa putra ekstrakurikuler bulutangkis di SMP Negeri 3 Tulung Kabupaten Klaten dimungkinkan sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain lempar shuttlecock terhadap kesegaran kardiorespirasi siswa putra ekstrakurikuler bulutangkis di SMP Negeri 3 Tulung Kabupaten Klaten. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan melakukan pretest multistage fitness test terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan pemberian treatment bermain shuttlecock dan diakhiri dengan posttest multistage fitness test. Subyek dalam penelitian ini adalah 22 siswa putra ekstrakurikuler bulutangkis di SMP Negeri 3 Tulung Kabupaten Klaten. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah paired t test. Penelitian ini tidak menggunakan uji prasyarat karena penelitian ini adalah penelitian populasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan antara bermain lempar shuttlecock terhadap kesegaran kardiorespirasi siswa putra ekstrakurikuler bulutangkis di SMP Negeri 3 Tulung Kabupaten Klaten. Hal itu dibuktikan dengan diperolehnya signifikasi Paired Samples t Test (0,000)<(0,05) dan nilai t hitung (12,372) > t tabel (2,080). (2) Sumbangan bermain lempar shuttlecock terhadap kesegaran kardiorespirasi siswa putra ektrakurikuler bulutangkis di SMP Negeri 3 Tulung Kabupaten Klaten adalah 81%, hal itu dibuktikan dengan diperolehnya correlation Paired Samples t Test sebesar 0,898 yang bila dikuadratkan 0,898²= 0,81 atau 81%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 30 Mar 2015 07:45
Last Modified: 29 Jan 2019 19:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14601

Actions (login required)

View Item View Item