PERSEPSI PASIEN TERHADAP PELAYANAN TERAPI MASASE DI PHYSICAL THERAPY CLINIC FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Danang Supratmanto, Danang S. (2013) PERSEPSI PASIEN TERHADAP PELAYANAN TERAPI MASASE DI PHYSICAL THERAPY CLINIC FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, FIK UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DANANG.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

Diketahui dalam setahun terakhir ini terjadi peningkatan jumlah pasien yang sangat signifikan di PTC FIK UNY, pada hal ruang dan jumlah masseur/masseus tidak bertambah. Kondisi tersebut dapat mempengaruhi persepsi pasien terhadap pelayanan terapi masase di PTC FIK UNY. Sampai saat ini, persepsi pasien tersebut belum diketahui, dan untuk itu penelitian ini dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pasien terhadap pelayanan terapi masase di Physical Therapy Clinic Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta (PTC FIK UNY). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah 156 pasien dengan keluhan cedera di PTC FIK UNY pada tanggal 17-19 Desember 2012, dengan jumlah sampel penelitian 100 orang khususnya pasien dengan keluhan cedera dan bersedia menjadi sampel penelitian. Penelitian ini menilai persepsi tentang pelayanan penunjang di pendaftaran, ruang tunggu, ruang masase, lingkungan, harga, dan pelayanan pokok pada pelayanan terapi masase. Teknik pengambilan data diambil dengan angket yang telah teruji validitas konsinstrumen dengan reliabilitas uji Alpha Cronbach sebesar 0,951. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pasien mempunyai persepsi baik pada pelayanan di pendaftaran (62%) , ruang tunggu (75%), ruang masase (61%), penanganan terapi masase (72%), dan kenyamanan lingkungan (52%). Khusus untuk harga dipersepsikan sangat baik (56%). Kata kunci : Persepsi, pelayanan, terapi masase.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Admin PKR FIK
Date Deposited: 30 Mar 2015 07:45
Last Modified: 29 Jan 2019 19:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14596

Actions (login required)

View Item View Item