EFEKTIFITAS TERAPI MASASE DAN TERAPI LATIHAN PEMBEBANAN DALAM MENINGKATKAN RANGE OF MOVEMENT PASCA CEDERA ANKLE RINGAN PADA PEMAIN BOLABASKET PUTRI DI UNIT KEGIATAN MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Susi Harsanti, Susi H (2013) EFEKTIFITAS TERAPI MASASE DAN TERAPI LATIHAN PEMBEBANAN DALAM MENINGKATKAN RANGE OF MOVEMENT PASCA CEDERA ANKLE RINGAN PADA PEMAIN BOLABASKET PUTRI DI UNIT KEGIATAN MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, FIK UNY.

[img]
Preview
Text
Susi Harsanti .pdf

Download (44MB) | Preview

Abstract

Cedera ankle banyak dialami pemain bolabasket putri karena banyak menggunakan tumpuan satu kaki saat bermain bola basket seperti saat melakukan lay up atau pivot. Banyak pemain yang setelah mengalami cedera tidak mendapatkan penanganan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas terapi masase dan terapi latihan pembebanan dalam meningkatkan range of movement pasca cedera ankle ringan pada pemain bolabasket di unit kegiatan mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Experimental Design dengan desain satu kelompok dengan tes awal dan tes akhir yang mengukur sebelum dan sesudah terapi masase dan terapi latihan pembebanan. Populasi dalam penelitian ini adalah pemain bolabasket di unit kegiatan mahasiswa universitas negeri yogyakarta. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 15 orang. Analisis data menggunakan uji t pada taraf signifikansi 5 %. Hasil penelitian diketahui terapi masase dan terapi latihan pembebanan mempunyai tingkat efektivitas dalam penyembuhan pasca cedera ankle pada peningkatan range of movement menjadi lebih baik. Persentase efektivitas terapi masase dan latihan pembebanan pasca cedera ankle pada pengamatan fleksi sebesar 91,41% dan pada pengamatan ekstensi sebesar 89,33%. Kata kunci : terapi masase, terapi latihan pembebanan, range of movement, pasca cedera ankle ringan, pemain bola basket.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin PKR FIK
Date Deposited: 30 Mar 2015 06:51
Last Modified: 11 Mar 2019 02:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14565

Actions (login required)

View Item View Item