EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN INKUIRI BERBASIS PEDAGOGICAL CHEMISTRY KNOWLEDGE (PChK) PADA PELAKSANAAN PRAKTIKUM KIMIA KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 2 BANTUL

Suryaningrum, Lia (2011) EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN INKUIRI BERBASIS PEDAGOGICAL CHEMISTRY KNOWLEDGE (PChK) PADA PELAKSANAAN PRAKTIKUM KIMIA KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 2 BANTUL. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN INKUIRI BERBASIS PEDAGOGICAL CHEMISTRY KNOWLEDGE.docx

Download (13kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode eksperimen dengan pendekatan inkuiri berbasis PChK terhadap prestasi hasil belajar kimia peserta didik pada pembelajaran asam-basa kelas XI semester II SMA Negeri 2 Bantul tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan satu faktor, dua sampel, dan satu kovariabel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI jurusan IPA SMA NEGERI 2 BANTUL yang berjumlah 108 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 73 orang yang pengambilannya dilakukan dengan cara teknik purposive sampling, sampel ini terbagi dalam 2 kelas yaitu kelas A1 yang pembelajarannya menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan inkuiri berbasis Pedagogical Chemistry Knowledge (PChK) dan kelas A2 yang pembelajarannya menggunakan metode demonstrasi dengan pendekatan ekspositori. Pengujian hipotesis menggunakan analisis kovarian (anakova satu jalur). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa penerapan metode eksperimen dengan pendekatan inkuiri berbasis Pedagogical Chemistry Knowledge (PChK) pada pembelajaran asam-basa untuk kelas XI semester II di SMA Negeri 2 Bantul tahun ajaran 2010/2011 lebih efektif meningkatkan prestasi belajar kimia peserta didik dan berbeda secara signifikan dibandingkan dengan metode demonstrasi dengan pendekatan ekspositori apabila pengetahuan awal kimia peserta didik dikendalikan secara statistik (p = 0,159), dengan sumbangan efektif pengetahuan awal kimia sebesar 2,7%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 30 Mar 2015 06:49
Last Modified: 29 Jan 2019 19:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14562

Actions (login required)

View Item View Item