PENGARUH PENAMBAHAN GLISEROL DAN ASAM OLEAT DALAM PEMBUATAN BIOPLASTIK DARI AIR CUCIAN BERAS DAN BIODEGRADASI BIOPLASTIK YANG DIHASILKAN

Haryono, Budi (2011) PENGARUH PENAMBAHAN GLISEROL DAN ASAM OLEAT DALAM PEMBUATAN BIOPLASTIK DARI AIR CUCIAN BERAS DAN BIODEGRADASI BIOPLASTIK YANG DIHASILKAN. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
7. abstrak[1].docx

Download (17kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan asam oleat dan gliserol dalam pembuatan bioplastik dari air cucian beras dan biodegradasi bioplastik yang dihasilkan. Penelitian ini diawali dengan membuat nata de oryza dari air cucian beras yang difermentasikan oleh bakteri Acetobacter xilynum selama 5 hari. Nata de oryza yang diperoleh dihilangkan kandungan airnya dengan cara dipanaskan dalam oven selama ±30 menit pada suhu 100 oC dan dipanaskan dengan hot plate selama ±45 menit pada suhu 120 oC, sehingga diperoleh bioplastik. Kemudian Bioplastik tersebut dikarakterisasi sifat mekaniknya, dan bioplastik yang memiliki sifat mekanik optimum dikarakterisasi lebih lanjut, yaitu analisis gugus fungsi dengan FTIR dan kemudahan biodegradasi. Nata de oryza yang dihasilkan bertekstur kenyal, licin, dan sedikit transparan. Bioplastik nata de oryza yang diperoleh berupa lembaran, sedikit berminyak dan transparan. Hasil uji sifat mekanik menunjukkan bahwa bioplastik nata de oryza yang optimum adalah bioplastik nata de oryza yang dibuat dengan penambahan asam oleat dan gliserol 2%. Bioplastik tersebut mempunyai kuat putus 4,5268 MPa, perpanjangan saat putus 7,93% dan modulus Young 0,57 MPa. Hasil karakterisasi dengan FTIR menunjukkan bioplastik nata de oryza yang dibuat dengan penambahan asam oleat dan gliserol 2% memiliki gugus fungsi hidroksil (-OH), C-H alifatik, C=O karbonil bebas, C=O karbonil berikatan hidrogen dan C-O berikatan glikosidik. Berdasarkan kemudahan biodegradasinya bioplastik nata de oryza yang dibuat dengan penambahan asam oleat 1,5% dan gliserol 2% lebih mudah terdegradasi daripada bioplastik nata de oryza yang dibuat tanpa penambahan asam oleat 1,5% dan gliserol.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 30 Mar 2015 06:25
Last Modified: 29 Jan 2019 19:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14557

Actions (login required)

View Item View Item