EFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBANTUAN KOMPUTER MATERI POKOK KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS XI SEMESTER 2 SMA NEGERI 2 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2010/2011

Purwaningtyas, Veronika Febriani (2011) EFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBANTUAN KOMPUTER MATERI POKOK KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS XI SEMESTER 2 SMA NEGERI 2 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
EFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBANTUAN KOMPUTER MATERI POKOK KELARUTAN.docx

Download (12kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) peningkatan motivasi belajar kimia peserta didik pada kelas eksperimen, (2) perbedaan motivasi belajar kimia antara peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, (3) efektivitas penerapan media pembelajaran kimia berbantuan komputer materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan terhadap peningkatan prestasi belajar kimia peserta didik kelas eksperimen, apabila pengetahuan awal kimia dikendalikan secara statistik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian satu faktor, dua sampel, dan satu kovariabel. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA semester 2 SMA Negeri 2 Purworejo yang terbagi menjadi 4 kelas. Sampel penelitian terbagi dalam 2 kelas, yaitu kelas kontrol (A1) dan kelas eksperimen (A2) yang diambil secara purposive sampling. Hipotesis diuji dengan uji-t sama subjek, uji-t beda subjek, dan uji analisis kovarian (anakova). Hasil uji-t sama subjek menunjukkan bahwa ada peningkatan yang signifikan pada motivasi belajar kimia peserta didik kelas eksperimen sebelum dan sesudah proses pembelajaran. Hasil uji-t beda subjek menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan pada motivasi belajar kimia peserta didik kelas eksperimen dengan peserta didik pada kelas kontrol. Hasil analisis kovarian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar kimia peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, jika pengetahuan awal kimia peserta didik dikendalikan secara statistik. Berdasarkan hasil yang diperoleh, penerapan media pembelajaran kimia berbantuan komputer materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan tidak efektif untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar kimia peserta didik kelas XI semester 2 SMA Negeri 2 Purworejo tahun ajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 30 Mar 2015 04:50
Last Modified: 29 Jan 2019 19:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14545

Actions (login required)

View Item View Item